Fitri : Tahun 2019 Palembang Zero Kawasan Kumuh

Posted at 22/07/2017 05:53:57 WIB | By : Administrator

Palembang - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda bersama rombongan meninjau wilayah Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Lorong Mang Dollah Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur Tiga Palembang dan Lorong Manggar, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur Dua, Selasa, (26/9).


Pada kujungannya kali itu, ia mendapati progress positif dari program itu, yang mana kawasan tersebut  dulunya kumuh kini semakin tertata rapi.
 
"Saya tadi berkunjung ke Kuto Besak dan Lawang Kidul, alhamdulillah dulu daerah kumuh bahkan ada  pojok tempat sampah sekarang jadi taman.  Harapan saya apa yang sudah dibangun untuk kita jaga bersama-sama," ungkapnya.
 
Adapun program KOTAKU melalui neighborhood upgrading and shelter project (NUSP)  yang ditergetkan rampung pada 2019 mendatang, sekarang sudah mencapai 70 persen.
 
"Tahun 2019 Palembang Zero kawasan kumuh dan  perestasi saat ini kurang lebih sudah mencapai  60-70 persen," sebut Fitri.
 
Untuk itu, pihaknya terus berupaya mewujudkan dari berbagai sektor. Tidak hanya di Seberang Ulu, titik kumuh Seberang Ilir pun tak luput untuk dibenahi. Terutama kawasan  di pinggiran sungai.
 
"Penataan bantaran sungai, khusus rumah di pinggiran Sungai Musi mesti menghadap ke sungai, jangan lagi membelakangi sungai, fenomena sekarang dapur dan WC mereka itu yang menghadap ke sungai, ini tidak indah dipandang mata," jelasnya. 
 
Upaya penataan ini tidak hanya dilakukan perbaikan infrastruktur saja, tetapi juga mendorong perekonomian masyarakat agar lebih baik. Sejak tahun 2006, Pemkot Palembang sudah mengelontorkan  dana bergulir pelaku usaha (UMKM). "Masyarakat bisa memanfaatkan dana bergulir ini untuk kemajuan usahanya," ujarnya
 

Sumber : palembang.go.id